Monday, January 25, 2016

MENGATASI HP ANDROID BOROS BATERAI, PENYEBAB HANDPHONE CEPAT HABIS BATERAI

Assalamua'alaikum wr,wb.

Berjumpa lagi dengan saya Makrup dalam pembahasan kita kali ini yaitu "Mengatasi Hp Android Boros Baterai". Android ? Ya Android siapa yang tidak kenal android bahkan anak-anak pun sekarang sudah bayak yang menggunakan android ini. Sebenarnya Android merupakan Operasi Syrstem (OS) dari handset yang digunakan oleh sebuah perangkat lunak seperti Smartphone, Tablet, iPad, dan berbagai jenis perangkat teknologi lainnya. Baiklah disini kita tidak akan berbicara panjang lebar tentang android karena sesuai pembahasan diatas bagaimana cara mengatasi handphone android kita yang boros baterai. Sering kita bertanya mengapa baterai android cepat habis ? Pertanyaan seperti ini memang sudah mejadi permasalahan yang dihadapi oleh pengguna handset android. Tentu saja anda sering mengalami cepat habisnya baterai jika android anda digunakan selama berjam-jam tanpa berhenti. Selain cepat habis juga menyebabkan baterai panas karena energi yang dimiliki baterai digunakan oleh banyak aplikasi secara aktif dan tidak teratur letaknya. Nah berikut ini saya jelaskan penyebab dan cara mengatasi baterai agar tidak cepat habis.



Solusi Agar Baterai Android Tidak Cepat Habis :

1. Aplikasi tidak diperbaharui (Upgrade)

Aplikasi yang anda gunakan setiap hari akan menerima bug report dari ribuan pengguna rang tujuannya untuk memperbaiki aplikasi tersebut dan untuk mengatasi masalah lainnya yang akan membuat kinerja performa handset android anda agar tidak terlalu berat. Tentu saja akan berdampak pada energi yang harus dikeluarkan untuk aplikasi tersebut. Caranya : buka aplikasi Google Play Stor lalu klik Menu dan klik My App.

2. Gunakan Wifi matikan jaringan SIM Card

Smartphone banyak digunakan secara aktif untuk tujuan mengakses internet, akan sangat jarang anda melakukan sms atau telepon karena memang sering berkomunikasi secara online baik melalui chat maupun email. Jika anda sedang nongkrong atau berada di tempat kerja yang memiliki koneksi wifi yang bagus, jangan biarkan biarkan tablet android anda mencari wifi secara otomatis. 

3. Matikan aplikasi yang berjalan dibackground

Ada begitu banyak aplikasi yang berjalan di background, untuk itu matikan apliikasi tersebut yang memang benar-benar tidak anda butuhkan. Caranya: Klik Setting > Apps > Running Servis lalu pilihf aplikasi mana yang hanya mengambil energi baterai tidak anda gunakan.

4. Display/Screen timeout dan Brigfhtness.

Atur waktu layar untuk tidak menampilkan tampilan layar android  yang mengambil waktu terlalu lama. Misal cukup hanya atur sekitar 15 detik. Kemudian ubah tampilan kecerahan dari layar tersebut secara manual. Caranya klik Setting > Display.

5. Buang widget di homescreen

Anda tidak pernah tahu bahwa hal inipun dapat membuat baterai anda cepat habis. Buanglah widget yang tidak sering anda gunakan. Caranya klik pada layar homecreen selama 2 detik, lalu klik dan masukkan widget yang anda ingin di buang ke dalam gambar tong sampah.

6. Atur waktu kunci pattern otomatis.

Jika saat ini anda sedang benar-benar menggunakan android untuk dua jam kedepan jangan dilakukan kunci otomatis dengan waktu yang singkat.Sebaliknya, jika anda hanya menggunakan secara beberapa menit, aturah waktu kunci otomatis secara singkat.

7. Aktifkan Airplane Mode/ Mode Penerbangan.

Perhatikan pada bar sinyal, apakah android anda menangkap kualitas sinyal yang stabil atau tidak ? Aktifkan mode tersebut jika anda sedang berada pada area yang menangkap sinyal lemah agar android anda tidak memaksakan diri untuk mencari sinyal sehingga akan mengambil energi tambahan dari baterai.

8. Pengaturan Sync

Ini dia yang benar-benar akan membuat baterai Android boros. Banyaknya aplikasi chat, emai dan could storage yang di sinkronisasi secara otomatis. Dari mulai facebook, BBM, Skype, Whatsapp, Line atau dropbox belum lagi aplikasi yang mengambil lokasi GPS dari  tempat anda berada saat ini. Caranya klik setting > Account and sync lalu centang pengaturan agar tidak otomatis.

9. Gunakakan aplikasi baterai

Cari lalu install aplikasi yang dapat memonitor lamanya baterai anda akn hidup. Tidak ada aplikasi yang bisa menghemat baterai, semua aplikasi tersebut hanya memonitor dan memberikan saran apa yang harus anda lakukan baterai bisa hidup lebih lama. Salah satu favorit  saya adalah Easy Battery Saver.

10. Matikan GPS

Matikan penggunaan satelit atau GPS karena hal ini akan mengambil energi extra dari batry. Smartphone android akan dicari oleh satelit tentu saja setiap pergerakan yang anda lakukan dicatat secara otomatis dengan menggunakan akses internet. Sebaiknya anda melakukan hal ini ketika anda sedang berada didalam ruangan dan tidak sedang berjalan. Caranya klik Setting > Location and securitry lalu kllik agar tidak tercentang pengaturannya.


Itulah beberapa penryebab dan cara mengatasi baterai Android cepat habis yang bisa anda lakukan untuk menghemat baterai anda setiap hari.
                                           
Sipzz... selesai deh pembahasan kita sampai ketemu lagi diblok saya tentunya dalam pembahasan yang lain kerena masih banyak hal-hal yang akan saya share untuk agan-agan sekalian. 


HP
082284410527
BBM
5C5C242F
Facebook.com/makrup.mario


No comments:

Post a Comment